Jumat, 14 Agustus 2009

Pentingnya Media Ajar Berbasis TIK

Rasional
Perubahan merupakan proses abadi dalam setiap aspek kehidupan manusia yang tentunya diharapkan membawa kehidupan yang lebih baik. Dalam bidang pendidikan perubahan yang dimaksud berkaitan dengan inovasi pembelajaran. Berbagai kemajuan telah dilakukan dan dirasakan seluruh insan pendidikan terutama dalam bidang komunikasi dan informasi yang merambah kepada penerapan media pembelajaran di sekolah

Adanya inovasi penerapan media pembelajaran yang lebih modern telah membawa napas kehidupan baru dalam penyelenggaraan pendidikan. Dampak yang lebih utama dengan inovasi-inovasi media pembelajaran adalah adanya kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan kemudahan bagi siswa menyerap materi pelajaran.

Media pembelajaran dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran harus memenuhi syarat yang memadai, yaitu mampu meningkatkan motivasi pembelajaran, terjangkau, praktis dan mudah dipergunakan, merangsang dan menarik perhatian siswa, serta memiliki kemampuan dalam memberikan tanggapan, umpan balik termasuk mendorong siswa melakukan praktek-praktek pembelajaran dengan benar. Bentuk media pembelajaran yang diharapkan adalah CD interaktif (multimedia) untuk pembelajaran mandiri dengan menggunakan teknologi komputer yang mampu menyajikan hubungan atau interaksi manusia, realita, gambar bergerak atau diam, tulisan dan suara yang direkam. Namun demikian tidak mudah bagi seorang guru menyajikan kelima bentuk stimulus pembelajaran tersebut, sehingga perlu kompetensi khusus untuk lebih menguasainya.

Menyikapi kondisi demikian untuk lebih memantapkan tugas pokok dan fungsinya, LPMP Jawa Tengah bermaksud menyelenggarakan lomba pembuatan CD interaktif (multimedia) untuk pembelajaran mandiri bagi siswa dengan sasaran peserta guru TK/RA/SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK (negeri maupun swasta) bersifat perorangan. CD interaktif tersebut merupakan bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan software aplikasi (Powerpoint, Flash, Authoware, Frontpage, Photoshop, Fox Pro dll.) dan/atau bahasa pemograman (Visual Basic, Clipper dll.).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar