Rabu, 12 Agustus 2009

Cara Mudah Belajar Fisika

Fisika Memang Susah Banget

Belajar fisika butuh waktu yang banyak dan konsentrasi penuh karena banyak logika, teori dan rumus yang harus dikuasai. namun yang terjadi adalah pendidikan di negara kita Indonesia terlalu menjejali siswa siswi dengan beragam pelajaran dalam satu waktu dan berulang-ulang harus dipelajari.

jadi sangat wajar kalau siswa dengan kemampuan akademis normal kesulitan menguasai fisika. karena kalau ingin menguasai fisika harus mengorbankan waktu kita untuk mempelajari pelajaran lain. hanya siswa jenius saja yang bisa menguasai fisika dan pelajaran lain dalam waktu singkat. untuk siswa normal yang bisa dilakukan adalah mempelajari trik dan rahasia jalan pintas dalam mengerjakan soal ujian fisika. dengan begitu esensi pelajaran fisikanya itu sendiri jadi nggak bisa dikuasai. cukup menyedihkan bukan?

Hm,supaya km gk susah daLam belajar fis,trik kyk gini :
pada saat guru-mu sedang menerangkan di papan,km jangan mencatat apa2 dulu...tetapi km hrs konsen,dengerin apa yang gurumu jelaskan sambil memperhatikan...
krn menurut saia,n udh terbukti klo pada saat guru menerangkan kita akan cepat ngerti dengan mendengar..bukan mencatat!!!!
maka'nya byk org bilang,..jgn mencatat klo tidak mengerti..ok!!!

Gw ngerti,fisika itu susah,tapi sbenarnya gampang lho.... Cara belajarnya sich simple aja.Dari rumus yang udah kita ketahui,hafalin dulu baik-baik mulai dari simbolnya,satuannya,dan bahkan penempatannya.Setelah itu,kamu baca soal-soal yang udah pernah dibahas sama sekolah.Gak usah buru-buru ngeliatnya,perhatikan baik-baik dan masukan cara mengerjakannya pada otakmu,lalu coba hitung tanpa menulis,kaitkan rumus yang udah kamu hapal di pikiran kamu aja,kalo belum bisa ato udah "stuck" liat lagi bukunya... Perhatiin,bagian step mana yang belum kamu bisa.Trus,kamu juga perlu melatih kecepatan menghitung kamu.Tadi kamu bilang pelajaran eksak lain udah bisa kan? Nah,sbenarnya klo kamu udah bner2 lancar banget ngitung angka-angka itu dengan cepat dan cara penggunaan rumus itu sudah terekam dalam otak kamu.Gw yakin kamu pasti lulus SPMB!!!! Semangat ya....!!

fisika tuh menyenangankan ko.. gak sesulit apa yang di bayangkan, asalkan kitanya memang suka belajar fisika...
kalo baca buku fisika jangan cuman dibaca doang, tapi dicoba buat dipahami, terus kalo udah paham coba kerjain soal soalnya sehari 5 soal aja, tapi harus rutin and sabar...
insyaallah deh UN nya pasti lancar, soalnya kalo diliat-liat paling2 soal fisika gitu-gitu aja, ya mungkin bedanya agak dikembangin dikit...
oh ya.....buku karangan bob foster juga bagus.. apalagi kalo sebelum UN soal-soalnya bisa tamat dikerjain, hebat tuh....pasti UN nya 100 (amin)
semangat ya UN nya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar