Rabu, 12 Agustus 2009

IlmuKomputer.com

Nambah wawasan TIK klik IlmuKomputer

Macromedia Authorware 7.01 adalah salah satu program yang yang dikeluarkan oleh perusahaan pembuat software Macromedia. Masih banyak software authoring yang beredar di pasaran, penulis memilih Macromedia Authorware 7.01 karena lebih mudah dipelajari secara mandiri (otodidak). Selama proses pembuatan media pembelajaran, penulis merasa kesulitan mencari referensi tentang Macromedia Authorware 7.01 sehingga apa yang disajikan di sini adalah pengalaman penulis selama membuat media pembelajaran. Sepengetahuan penulis, masih sedikit buku yang membahas tentang software authoring ini.

Panduan ini mencoba mengulas secara praktis cara menggunakan dan memanfaatkan fasilitas yang ada pada program Authorware 7.01. Bahasan dalam panduan ini tidak akan mengulas seluruh kemampuan yang dimiliki program Authorware 7.01, tetapi hanya sebatas fasilitas yang telah penulis gunakan dalam skripsi yang berjudul: “Rancang Bangun Media Pembelajaran Terintegrasi Berbasis Komputer Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis.”

Ada beberapa hal yang akan kita bahas sesuai dengan standar dari lomba pembuatan multimedia pembelajaran yang diselenggarakan oleh Dikmenum Depdiknas. Harapannya kita mampu membuat media pembelajaran yang berstandar nasional dan layak dipublikasikan secara luas. Untuk menghasilkan sebuah karya yang bagus sesuai standar acuan media pembelajaran, kita harus banyak berlatih dan memperhatikan berbagai aspek penunjang. Aspek penunjang tersebut antara lain pokok bahasan, kelas, sosial budaya pengguna, psikologi pengguna, perangkat keras pendukung, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar